Loading...

Info Perguruan Tinggi

  • Senin, 12 Oktober 2020 15:05
  • Administrator

JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI

Jalur Masuk di Perguruan Tinggi terdiri dari : PTN : SNMPTN Undangan, SBMPTN, Seleksi Mandiri dan PMDK/Prestasi PTKIN : SPAN PTKIN, UMPTKIN Politeknik : PMDKPN, SBMPN(UMPN) Kedinasan : tes (melalui beberapa tahapan) PTS : PMDK/Prestasi dan Seleksi Mandiri/Tes

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan seleksi untuk masuk ke kampus negeri yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik siswa. Rapor yang dinilai merupakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi siswa SMA atau sederajat dengan masa belajar 3 tahun atau semester 1 sampai dengan semester 7 bagi siswa SMK dengan masa belajar 4 tahun. Seleksi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa SMA atau sederajat yang berprestasi untuk dapat menempuh pendidikan tinggi di universitas negeri. Sebaliknya, SNMPTN juga membuka peluang bagi PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik yang mumpuni.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), adalah seleksi bersama yang dilakukan demi menyaring calon mahasiswa baru untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri. Berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan nilai rapor, jalur SBMPTN dilakukan dengan metode ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang harus diikuti oleh calon mahasiswa. Ujian ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tahun ini dengan adanya pandemi tesna hanya menggunakan TPS saja. Kalian akan dikenakan biaya untuk dapat mengikuti seleksi lewat jalur SBMPTN.

Bagi yang akan mengambil jurusan seni dan olahraga pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN siswa harus menyiapkan dokumen isian portofolio. Silakan pelajari : *****

Seleksi Mandiri, merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri secara mandiri. Dikutip dari portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Seleksi Mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN dengan menggunakan nilai hasil UTBK calon mahasiswa pada SBMPTN yang difasilitasi oleh LTMPT. Adapun terkait persyaratan, metode, tata cara, dan kriteria seleksi diatur oleh masing-masing PTN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain menggunakan hasil UTBK, juga menggunakan tes/ujian tulis, dan portofolio (raport/prestasi). Beberapa PTN memberikan pilihan kepada peserta untuk memilih salah satu jalur seleksi, baik itu menggunakan nilai UTBK atau Jalur Tes atau Portofolio.

Kuota dan Daya Tampung Kuota daya tampung setiap program studi dari masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru itu pun berbeda-beda. Jalur SNMPTN memiliki kuota paling sedikit 20 persen dari daya tampung program studi yang disediakan PTN. Adapun daya tampung untuk jalur SBMPTN adalah paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi yang disediakan PTN. Sementara itu, jalur Seleksi Mandiri memiliki kuota paling banyak 30 persen dari daya tampung program studi yang disediakan PTN. Hal lain yang tak kalah penting untuk kamu ketahui mengenai ketiga jalur masuk ke universitas negeri itu adalah bahwa pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kebijakan perihal penerapan sistem Single Sign On. Apa Itu Single Sign On? Single Sign On (SSO) merupakan tahap awal dari ketiga jalur seleksi yang bisa kamu ikuti untuk dapat berkuliah di kampus negeri. Kebijakan SSO ini mewajibkan setiap peserta seleksi untuk memiliki akun LTMPT dengan cara melakukan registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Lewat sistem SSO, pemerintah berharap data penerimaan calon mahasiswa baru dapat terintegrasi sebagai satu kesatuan sistem. Untuk mengikuti SNMPTN 2020, setiap sekolah dan siswa harus memiliki akun di portal LTMPT. Tidak hanya SNMPTN, kebijakan yang sama pun berlaku untuk calon mahasiswa yang mengkuti SBMPTN. Dalam hal akun LTMPT, registrasi atas akun tersebut terdiri atas dua bagian, yaitu akun sekolah dan akun siswa. Untuk sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, login bisa dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi sekolah yang terdapat pada Data Pokok Pendidikan. Untuk sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, registrasi dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode Education Management Information System (EMIS). Adapun untuk siswa, login dapat dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir. Waktu Registrasi Akun LTMPT Poin yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan. Baik pihak sekolah maupun siswa diharapkan agar terus memantau setiap informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan seleksi masuk ke universitas negeri, terutama soal registrasi akun LTMPT.

Perbedaan SNMPTN dan PMDK adalah : SNMPTN di selenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) merupakan jalur masuk yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas ataupun institut tertentu untuk menyaring mahasiswa yang memiliki bakat serta kemampuan akademik unggul dibandingkan calon mahasiswa biasa. Jalur masuk PMDK tidak hanya memandang variable nilai akademik yang dimiliki calon mahasiswa, namun bakat yang dimilikinya. Adapun waktu penyelenggaraan PMDK tergantung jadwal yang disusun oleh universitas atau institut. Hal yang harus diketahui dari PMDK adalah bahwa tidak semua universitas menggunakan PMDK sebagai jalur masuk ke perguruan tinggi tersebut. Jadi untuk calon mahasiswa yang ingin masuk dengan jalur PMDK, sangat disarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai apakah universitas atau institut yang dituju menawarkan jalur masuk PMDK. PMDK di PTN jenjangnya Diploma/Terapan (D2,D3,D4) sedangkan di PTS sampai jenjang S1. Beberapa penyelanggara PMDK : USMI (IPB), PSSB (UNDIP), PMDK UNS, Japres UGM, PPKB UI, PMDK-PN, PMDP Poltekkes (Poltekkes Banten, Poltekkes Jakarta, Poltekkes Bandung, dll), di PTS misalnya Jalur Prestasi Akademik (JPA) Telkom University.

KIP KULIAH

Bagi siswa yang kurang mampu secara finansial bisa mengajukan KIP Kuliah. KIP Kuliah kepanjangan dari Kartu Indonesia Pintar yang ditujukan untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik. Silakan pelajari syarat dan ketentuannya. Bila memenuhi syarat nantinya akan di data lebih lanjut dan lapor ke BK.
Link KIP Kuliah : kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Selamat Memperjuangkan Masa Depan dan Tetap Semangat !!!

Screen Shot 2020-10-12 at 10.55.44.png

Screen Shot 2020-10-12 at 10.57.36.png

Screen Shot 2020-10-12 at 10.58.16.png

Screen Shot 2020-10-12 at 10.58.55.png

Screen Shot 2020-10-12 at 11.00.03.png

Screen Shot 2020-10-12 at 11.00.39.png