Loading...

KEMAUAN DAN PERJUANGAN ARIF JUMANSA HINGGA KSN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2020

  • Minggu, 18 Oktober 2020 23:05
  • Administrator

Haloo…rekan rekan semua, perkenalkan saya MUHAMAD ARIF JUMANSA dari kelas 12 MIPA- 9, saya adalah salah satu anggota tim olimpiade SMAN 2 Kota Serang dengan cabang mata lomba kebumian, dalam acara KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) tahun 2020, atau yang kerap dikenal juga dengan OSN.

Saya akan membagikan pengalaman saya kepada rekan- rekan semua, dimulai dari bagaimana saya bisa menjadi anggota tim olimpiade hingga akhirnya sampai di KSN tingkat NASIONAL untuk mewakili SMAN 2 Kota Serang untuk bersaing dengan sekolah di provinsi lain di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2019 saat saya masih kelas X, saya juga telah mengikuti ajang KSN ini , namun saya gagal saat di tingkat kota serang (OSK), banyak faktor yang menyebabkan saya mengalami kegagalan, salah satunya adalah kurangnya pemahaman konsep materi dan kesiapan mental dalam berlomba, karena pada saat itu saya mempersiapkan untuk OSK kurang dari sebulan dan fokus saya terpecah oleh kegiatan lain, sehingga pada tahun 2019 saya hanya bisa mendapat peringkat 7, tentunya saya sangat kecewa dan terpuruk, namun saya berterimakasih kepada Pembina saya yaitu Bu Hj. Iis Mughisah dan Bu Hj. Rani Tyaswening , yang pada saat itu mereka mendukung saya dan memotivasi saya untuk berusaha dan bangkit kembali, salah satu kata kata mereka yang tak saya lupakan yaitu “Gak apa apa, perjalanan kamu masih panjang, sekarang mungkin kalah, tapi kalo kamu terus berjuang pasti kamu berhasil, ibu juga sampai sekarang masih terus berjuang, berarti kamu juga harus bisa”.

Berangkat dari titik itu saya mulai percaya diri kembali untuk terus berjuang dan berusaha lebih keras lagi, lalu pada tahun 2020 dimulailah kembali OSK yang sekarang namanya KSN-K sekitar bulan Februari 2020. Sebelum event ini saya sudah bersiap ketika libur semester ganjil membaca semua materi tentang kebumian dari buku yang Pembina berikan dan tak lupa juga berdoa kepada Allah SWT,Tuhan YME agar dilancarkan, pada saat itu KSN-K dilaksanakan di SMAN 7 Kota serang yang di ikuti oleh seluruh SMA N/S dan MA di kota serang, pada saat mengerjakanya saya cukup percaya diri dan mantap atas pilihan saya, pada akhirnya saat pengumuman saya dinyatakan lolos di peringkat pertama di kota serang dan dapat melaju ke tingkat provinsi (KSN-P). Pada saat inilah wabah covid-19 mulai merebak di Indonesia dan diberlakukanya PSBB yang berdampak pada pengunduran KSN-P dan pada akhirnya dilaksnakan pada 14 agustus 2020 secara daring/online.

Pada saat persiapan tingkat provinsi ini saya dibantu oleh 2 alumni olimpiade kebumian 2017 yaitu kak Faiq dan kak Fikri yang berkuliah dibidang seputar ilmu kebumian juga dan didatangkan oleh SMAN 2 kota serang, pada saat persiapan itu, banyak hal yang saya tangkap dan pahami hingga akhirnya pada saat pelaksanaan tes saya mengerjakan di lab Komputer sekolah, yang pada tingkat ini saya bersaing dengan peserta seluruh Indonesia untuk masuk ke passing grade untuk ke nasional. Selepas tes saya sudah merasa lega karena saya cukup yakin dengan jawaban saya dan menunggu pengumuman dari PUSPRESNAS, beberapa minggu kemudian muncullah pengumumanya dan ALHAMDULILLAH saya lolos ke tingkat nasional bersama 4 SMA lain di banten, untuk bersaing dengan sekolah lain yang terpilih di seluruh indonesia, dan saya berhasil karena bisa memberi kenangan indah bagi Bu Hj. Iis dan Bu Hj. Rani yang pada waktu itu sudah purna bakti.

Selanjutnya saya mengikuti tes di tingkat nasional dan kadarullah saya belum memperoleh medali yang saya inginkan, namun saya tetap bersyukur telah diberikan kesempatan dan kenikmatan masuk nasional, dan saya akan tetap memegang prinsip ”jika kamu terhenti di suatu titik jangan mau terus diam tapi cobalah untuk melewati batas , tidak masalah jika tidak tahu caranya tapi tetap harus mencoba dan bertanya jangan hanya dibayangkan tetapi belum dilakukan, karena itu akan membuat kita semakin terpuruk, terus mencoba dan tetap semangat berjuang!!.”

arif.png